Selasa 28 Jun 2016 15:30 WIB

Membangun Keluarga Tarbiyah dan Tantangan Arus Modern

Red: M Akbar
Rizki Iramdan Fauzi
Foto:

Antisipasi Perkembangan Teknologi

Semakin canggihnya fasilitas di handphone tentu memiliki banyak pengaruh negatif selain pengaruh positif yang telah diperoleh. Manusia yang memiliki hak kebebasan dalam mengakses HP tak jarang mempergunakan kurang baik, seperti mengakses game full time, konten-konten terlarang, video-video kekerasan, dan lain-lain.

Mirisnya para anak dari usia masih kecil sampai remaja di Indonesia sudah mengenal HP android. Tentunya ini menjadi penting bagi peran orang tua sekarang untuk selalu mendampingi anak dalam bermain atau menggunakan HP android. Sebelum orang tua memberikan anak fasilitas HP android orang tua perlu tahu dulu bagaiamana cara menggunakannya tersebut, sehingga nantinya tidak ketinggalan pengetahuan saat anak sudah memegang HP android.

Dalam mempelajari HP android cukup mudah, apalagi fasilitas sekarang yang sangat user friendly. Saat pertama kali memegang terasa semua orang sangat di manjakan olehnya. Orang tua dalam mendampingi anak bermain atau menggunakan HP ketika menginjak remaja harus secara intens. Banyak fitur pilihan di internet, baik positif maupun negatif.

Oleh karena itu orang tua memilihkan anak-anak permaian yang positif di dalam HP android, seperti video mengenal Nabi-Nabi Allah, game menyusun huruf-huruf hijaiyah, dan  konten-konten islami atau konten kebaikan lainnya yang banyak disedikan di Internet. Dalam mendampingi dan memilihkan permainan yang baik pada anak akan berdampak positif bagi perkembangan anak. Selain anak senang bisa bermain HP dia juga tanpa sadar bisa belajar dengan menggunakan HP tersebut.

Fenomena sekarang ini banyak anak-anak di bawah umur yang mengakses konten-konten terlarang, sehingga muncul pemberitaan dimana mana mengenai penyimpangan pada anak di bawah umur. Para orang tua, terutama dalam keluarga islami sekarang ini sangat penting untuk memperhatikan anak sampai usia remaja selesai dalam menggunakan HP.

Tindakan prenventif yang telah dipaparkan sebelumnya merupakan bagian terpenting dalam mengajarkan anak ketika sudah mengenal HP android,  seperti mengenalkan dan mencintai Tuhan-nya, mengajarkan akhlak yang baik, memberikan reward atau punishment yang mendidik, dan selalu menggunakan kata-kata atau tindakan positif pada anak.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement