Selasa 28 Jun 2016 15:30 WIB

Membangun Keluarga Tarbiyah dan Tantangan Arus Modern

Red: M Akbar
Rizki Iramdan Fauzi
Foto:

Dalam membentuk kepribadian dan karakter yang harus ditekankan adalah tarbiyatul walad atau pendidikan anak. Mendidik tidak hanya mengasuh anak dengan kasih sayang, lemah lembut dan nurani, namun harus menanamkan nilai-nilai positif dalam kehidupan anak. Orangtua mengajarkan dengan jalinan komunikasi yang baik dan secara dua arah.

Pengenalan Agama dan Penanaman Akhlak

Di dalam keluarga peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak. Orang tua sebagai suri tauladan bagi anak ketika baru lahir sampai dewasa. Sikap yang baik maupun buruk dari orang tua akan ditiru anak ketika masih kecil.

Orang tua harus mengenalkan sikap (akhlak) yang baik dan ajaran-ajaran agama sebagai bentuk pembelajaran awal pada anak. Sebab pada usia dini seorang anak mudah menyerap atau meniru sesuatu hal yang dia lihat pertama secara berulang - ulang dan tidak akan lupa dari ingatan memorinya sampai dewasa.

Agama Islam sebagai pedoman yang universal, telah mengatur segala urusan manusia di dunia sampai tata cara keluarga dalam mendidik anak. Dalam keluarga islam seorang anak, pertama kali dididik untuk mengenal Allah SWT, Tuhan Maha Pencipta termasuk dirinya.

''Dan ingatlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepada anaknya:''Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar – benar kezaliman yang besar.'' ( Luqman:13)

 

Anak ketika baru lahir didengarkan suara adzan, dengan tujuan waktu pertama kali menginjakan dunia yang dikenal adalah nama Allah. Keluarga menjadi basis pertama dalam kewajiban mendidik anak. Orang tua menerapkan pendidikan usia dini pada anak. Ketika masih bayi dari umur 1 hari sampai 1 tahun, orang tua mendidik anak dengan mendengarkan bacaan-bacaan suci, seperti Al-Qur’an, adzan, atau sholawat Nabi.

Alquran sebagai firman Allah akan memberi pengaruh yang baik kepada orang yang membaca dan mendengarkannya. Apalagi kalau di dengarkan oleh seorang bayi yang masih suci, tentu akan memberikan respon positif  terhadap otak si bayi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement