Sabtu 15 Feb 2020 13:12 WIB

Tips Amil Zakat Tetap Sehat

Para amil zakat juga harus menjalani pola hidup sehat.

Nana Sudiana, Sekjend FOZ & Direksi IZI
Foto:

1. Menjaga pola makan yang sehat, halal dan bergizi

Hidup bukan untuk makan. Tapi untuk bisa hidup dengan baik, kita memang perlu makan. Dan agar terjadi kebaikan dalam soal makan ini, maka makanan yang kita makan harus sehat, halal dan bergizi. Makanan ini adalah salah satu faktor utama dalam hidup sehat.

Seiring umur para amil, maka soal makanan ini semakin harus diperhatikan. Para amil dapat mengganti makanannya dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin. Makanan sehat dan penuh gizi akan sangat membantu untuk menjadikan tubuh kita lebih sehat.

Para amil tak boleh sembarangan makan. Apalagi yang tak halal. Makanan sehat saja harus tetap menghndari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Kita harus pula memperbanyak makan sayur dan buah. Ada baiknya para amil mengonsumsi lima sampai enam porsi setiap harinya.

Bagi para amil yang suka dessert atau makanan manis seperti cupcake, es krim, permen, brownies, dan lainnya harus hati-hati. Makanan tadi memang sangat menggoda untuk dinikmati, tetapi perlahan harus dikurangi atau bahkan dihindari. Hal ini bukan tanpa alasan.

Pasalnya, asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. Dan, bila sudah terkena diabetes, hal ini akan menjadi lebih rentan. Karena lanjutannya, ia akan memicu datangnya berbagai penyakit kronis di kemudian hari. Beberapa di antaranya seperti penyakit jantung dan stroke.

Para amil yang penyuka kopi. Mulailah secara perlahan-lahan menguranginya. Dan juga mengurangi, bahkan mengganti gulanya dengan yang lebih sehat. Bila selama ini biasa minum kopi dengan dua sendok gula, kini cobalah hanya satu sendok saja. Setelah terbiasa, maka coba pula untuk menghilangkan asupan gula sama sekali dalam cangkir kopi yang diminum.

Para amil yang biasa minum minuman kemasan, kini cobalah menggantinya dengan memakan potongan buah segar. Selain lebih sehat, gula yang terkandung di dalam buah segar tentu tidak akan sebanyak yang ada dalam minuman kemasan. Dan tak hanya gula, para amil juga harus perlahan-lahan mengurangi kebiasaan ngemil dan makan snack di luar waktu makan besar.

2. Memperbanyak Olahraga

Menjadi sehat akan mengurangi beban hidup. Juga akan memudahkan memecahkan beragam masalah di dunia amil zakat. Dan rutin berolahraga bukan hanya bagian pola hidup sehat bagi amil usia muda.

Olahraga adalah kegiatan yang penting dilakukan oleh semua amil. Berapapun usianya, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Banyak orang berpikir bahwa olahraga adalah kegiatan yang melelahkan, maka tidak heran apabila saat ini semakin banyak orang yang malas untuk berolahraga.

Para amil yang sehat dan bugar akan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan hidupnya, juga bagi gerakan zakat. Olahraga juga dapat membantu para amil zakat untuk menjalani pola hidup sehat. Bila kita sebagai amil tidak terbiasa berolahraga, maka dapat saja memulainya dengan olahraga kecil seperti melakukan pemanasan di pagi hari setelah bangun tidur atau berlari-lari kecil mengelilingi rumah.

Para amil juga dapat memilih beragam olahraga seperti jalan sehat, jogging, treadmill, bersepeda, senam aerobik, zumba, futsal, basket, berenang, tenis meja, atau dan olahraga lainnya sesuai kondisi dan kelapangan waktu yang dimiliki. Bisa sendiri ketika berolahraga, atau dapat pula bersama keluarga dan kerabat agar terasa lebih menyenangkan.

Saat berolahraga tak harus yang berat dan menguras tenaga. Kita bebas memilih berbagai jenis olahraga yang memang disukai. Bila seorang amil suka bersepeda atau berenang, maka jangan ragu untuk melakukannya.

Begitu pula jika hanya menyukai jalan santai. Kuncinya satu, buatlah tubuh kita aktif bergerak setiap hari. Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik kita jadi merasa lebih bugar.

Bagi "amil kantoran" yang sering tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, maka ia bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana guna memastikan tubuh tetap bergerak. Saat berada di dalam kantor dan menuju ruang kerja, cobalah untuk  naik tangga, ketimbang naik lift atau eskalator.

Para amil jenis ini, dapat pula meluangkan waktu untuk berjalan-jalan atau sekadar naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang. Bila hal ini dilakulan secara rutin, semoga bisa membantu untuk hidup lebih dan bugar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement