Sabtu 26 Aug 2023 10:18 WIB

Mitos Kebohongan Dijajah Kolonial Eropa 3,5 Abad

Bohong bila nusantara di jajah 350 tahun

Teluk Ambon tempo dulu.
Foto:

Komentar dua sejarawan

Resink berjasa besar memperkenalkan pendekatan hukum internasional dalam menelaah sejarah kolonialisme. "Dan kesimpulan dari penelitiannya mengenai kekuasaan Belanda yang dikatakan selama 359 tahun di kepulauan Indonesia sebenarnya tak lebih dari mitos pilutik belaka yang tidak bisa bertahan melawan ujian kebenaran sejarah," kata sejawaran Taufik Abdullah.

Sejarawan Asvi Warman Adam dalam buku klasik ini mengatakan Resink membuktikan bahwa sebenarnya  belanda tidak menjajah Indonesia  350 tahun. Tetapi yang menjadi pertanyaan, mengapa hal itu masih tertulis dalam buku-buku sejarah di sekolah? dan sering pula disebut dalam pidato-pidato? 

Sebagai guru besar Ilmu Hukum, Risenk tidak asing bagi di kalangan sejarawan yang mempelajari sejarah Indonesia di dalam maupun di luar negeri. Pada 1939 namanya mulai dikenal dalam dunia ilmu pengetahuan berkat studinya tentang sejarah hukum di Madura. Akan tetapi, peranannya sebagai sejarawan baru tersebar luas sejak dekade 1950-an ketika serangkaian tulisannya mengenai masalah historiografi dan sejarah hukum Indonesia diterbitkan 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement