Senin 17 Sep 2018 07:04 WIB

Mengapa Habibie dan Tokoh-Tokoh Ini Disebut Negarawan?

Lech Walesa berteriak,

Ikhwanul Kiram Mashuri
Foto:

Salah satunya adalah Komite Nobel Norwegia, yang menganugerahkan Penghargaan Nobel Perdamaian (1983). Si mantan tukang listrik ini dinilai telah berjasa memperjuangkan hak asasi manusia dalam meruntuhkan tembok tebal komunis di negaranya dengan penuh kedamaian.

Seperti halnya Lech Walesa, Vaclav Havel memulai perjuangannya juga dari komunitasnya, masyarakat seni dan budaya. Masuk keluar penjara pun sudah menjadi langganan. Mereka minim pengalaman dalam bidang politik dan apalagi pemerintahan.

Namun, terlepas dari berbagai pengalaman plus kekurangan tadi, Walesa dan Havel justru telah meninggalkan warisan yang sangat berharga untuk generasi penerus. Mereka telah membukakan cakrawala ekonomi yang terbuka dan bebas. Mereka juga berhasil mengawal transisi politik dan alih kekuasan dari rezim komunis ke sistem yang lebih demokratis dengan penuh kedamaian dan tanpa kegaduhan.

Havel adalah presiden terakhir Cekoslowakia. Ia juga merupakan presiden pertama Ceko setelah Cekoslowakia pecah menjadi dua negara, Ceska dan Slowakia. Dengan kepemimpinan seperti itu-- sejak memimpin aksi demonstrasi melawan rezim komunis, menjadi presiden Cekoslowakia dan kemudian mengawal terbaginya negara itu menjadi dua--banyak pihak pun menyebut periode Havel sebagai transisi atau revolusi beludru.

Disebut demikian karena alih kekuasaan berjalan sangat damai tanpa membutuhkan polisi dan tentara. Setelah tidak menjadi presiden, Havel pun memilih menepi dari dunia politik dan menikmati hidup bersama istri hingga meninggal dunia pada 2011 dalam usia 75 tahun.

Di Indonesia ada tokoh bernama Habibie, lengkapnya Prof Dr Ing Haji Bacharuddin Jusuf Habibie. Ia merupakan presiden ketiga Republika Indonesia. Masa jabatannya sebagai orang nomor satu di negeri ini sangat singkat dibandingkan presiden-presiden Indonesia lainnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement