Kamis 18 Feb 2016 12:47 WIB

Membedah Media Luar Ruang

Red: M Akbar
contoh iklan media luar ruang
Foto:

Keberadaan lokasi media luar ruang ini bentuknya bisa seperti billboard, mobile billboard, LED, baliho, maupun umbul-umbul. Seluruh media tersebut memiliki karateristik yang dapat menyesuaikan kebutuhan para advertiser. Umumnya, para advertiser ini memiliki target yang berbeda-beda.

Selanjutnya, ada juga beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan. Terutama dalam memilih suatu lokasi. Pilihannya bisa berupa strategi lokasi, target segmen, potensi pasar, titik kemacetan kendaraan, visibility, clearity, kompetitor, ukuran, dan pencahayaan.

Berdasarkan lokasi media luar ruang, pertimbangannya bisa berbagai macam variasi creative point of interest. Di antaranya seperti shelter bus, busway, halte bus, stasiun kereta, jembatan penyeberangan, toilet, bandara, pesawat, kapal terbang, restoran, stadion, pos polisi, kios, maupun handgrab.

Lalu untuk digital out of home memiliki beberapa pertimbangan yang tak boleh dilupakan. Pertimbangan itu seperti waktu tayang, jumlah spot, dan jumlah advertiser.

Strategi penentuan lokasi dirasa sangat penting juga dalam perencanaan awal. Ini disebabkan adanya keterkaitan dalam menentukan posisi beradanya media dan tingkat serapan kepada khalayak. Lokasi ini bisa berada di tempat keramaian, pusat kegiatan masyarakat maupun lalu lintas yang tersebar di kota-kota besar.

Sekali lagi, setiap lokasi tersebut memiliki karateristik yang berbeda. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan advertiser ketika ingin memasang iklannya di media luar ruang supaya bisa menjadi optimal. Namun penentuan titik-titik tersebut sepatutnya harus memiliki value yang tinggi.

Lokasi-lokasi yang strategis biasanya berada di tempat seperti di pusat perbelanjaan, kawasan perkantoran, kawasan pabrik, kawasan perumahan, pusat penjualan handphone, jalan protokol, tempat hiburan, hang out place, sampai stasiun kereta. Semakin padat suatu kawasan, tentunya akan semakin bertambah banyak orang yang bakal melihat. Tingkat kepadatan pun akan disesuaikan dengan masing-masing tempat tersebut.

Selanjutnya, target segmen dari masing-masing tempat itu juga berbeda-beda. Bisa bersifat homogen maupun heteregon. Seperti dari segi usia, profesi, dan lain sebagainya. Tentunya lokasi media semacam ini bisa berada di sekitar kegiatan/aktivitas target. Harapannya, campaign itu bisa secara continue melekat dengan produk yang hendak dipromosikan.

Telkomsel sebagai operator terbesar di Indonesia, saat ini memiliki 150 juta pelanggan dengan layanan terluas. Brand yang dimiliki dibagi menjadi beberapa kelompok seperti simPATI, Kartu As, Corporate dan Kartu Halo, Brodband, dan Loop.

Masing-masing brand itu memiliki karateristik yang berbeda. Jadi, strategi yang dilakukan pun tentu saja harus disesuaikan. Dalam hal ini, kita akan membahas pemilihan setiap brand tersebut terhadap penentuan lokasi yang berbeda.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement