Senin 17 Jun 2024 10:40 WIB

Muslim Indonesia di Davao City Rayakan Idul Adha

Muslim Indonesia di Davao City juga menyembelih hewan kurban.

Sholat Idul Adha di Davao City Filipina
Foto: KJRI Davao City
Sholat Idul Adha di Davao City Filipina

OLeh Nanang Sumanang, Guru Sekolah Indonesia Davao

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertempat di Gedung House of Indonesia, maysrakat muslim di Davao City-Filipina merayakan hari raya Idul Adha 1445 H yang bertepatan dengan tanggal 16 Juni 2024.

Baca Juga

Diawali dengan shalat Id yang dilaksanaka pukul 07.00 waktu setempat, dilanjutkan dengan ramah tamah dan disusul pemotongan hewan qurban yang terdiri dari dua ekor sapi dan enam ekor kambing.

Dalam khutbahnya, khatib, yang sekaligus merangkap imam shalat Idul Adha, Moh. Imam mengatakan bahwa peristiwa haji, maupun qurban yang kita laksanakan sekarang merupakan upaya menapak tilasi perjuangan nabi Allah Ibrahmi Alaihis Salam, beserta anak dan istrinya nan tabah di kota Mekah al_mukaramah.

Konsul Jenderal RI di Davao City, Agus Trenggono mengatakan bahwa sudah sepantasnya dan selayaknyalah kita sebagai muslim untuk mencontoh dan meniru dalam kehidupan kita sehari ketabahan, kesabaran, dan kepatuhan nabi Allah Ibrahim Alaihissalaam, beserta istri dan anaknya. 

“Semua yang telah diceritakan dalam khutbah yang kita dengar tadi, merupakan pelajaran bagi kita semua, agar dalam mengahadapi hidup dan kehidupan ini kita menjadi lebih kuat, sabar, tabah dan ikhlas” ujarnya dalam sambutan sebelum melaksanakan pemotongan hewan.

Ketua DKM masjid al-Ikhlash, Irwan Djauhari mengatakan bahwa pelaksanaan Idul Adha pada tanggal 16 Juni 2024 berdasarkan pada pengumuman resmi dari Daarul Ifta wad Da’wah Region XI No 006-2024 tanggal 6 Juni 2024 yang menyatakan bahwa hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 16 Juni 2024.

“Karena hewan qurban ini merupakan amanat dari para pengurban, maka selanjutnya kita akan membagikan daging hewan qurban ini kepada mustahiknya yang berada di kota Davao City dan sekitarnya’ Katanya di sela-sela pemotongan hewan qurban. Selanjutnya nanti daging-daging tersebut akan didistribusikan ke daerah-daerah Ecoland, Times Beach, Bakaka, dan Sirawan.

Prof. Dr. Tatag, ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang turut hadir bersama sama melaksanakan shalat Idul Adha dan melihat pemotongan hewan qurban menyatakan kegembiraan sekaligus rasa kagum pada kekompakan, ketulusan dan keharmonisan masyarakat Muslim Indonesia di Davao City ini. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement