Kamis 25 May 2023 12:02 WIB

Prestasi CWLS Mendunia

CWLS mendorong diversifikasi industri perbankan syariah.

CWLS Ritel Seri SWR001
Foto:

Manfaat dan pengembangan CWLS

Terdapat beberapa manfaat dari inovasi CWLS. Pertama, kemudahan akses investasi pada sukuk negara oleh peserta keuangan sosial (wakaf, zakat, dana filantropi). Kedua, meningkatkan tata kelola pengelolaan dana sosial dalam hal pemilihan instrumen investasi. 

Ketiga, mempromosikan literasi dan inklusi keuangan sosial kepada investor komersial. Keempat, mempromosikan literasi dan inklusi keuangan komersial kepada peserta keuangan sosial. Terakhir, mendukung pembiayaan fiskal sembari mengatasi masalah sosial.

Pertumbuhan dan perkembangan instrumen CWLS yang masif akan berdampak positif pada banyak indikator pembangunan ekonomi makro seperti rasio gini, tingkat pengangguran, dan tingkat kemiskinan.

Upaya pengembangan untuk mendukung investasi sosial dapat dilakukan melalui berbagai langkah. Pertama, membuat beberapa perubahan yang diperlukan pada peraturan dan regulasi yang ada untuk mengakomodasi transaksi sosial yang terkait. Kedua, merancang dan mengembangkan instrumen yang sesuai dengan kebutuhan. 

Ketiga, kerja sama sinergis yang berkelanjutan antarpemangku kepentingan di pusat dan daerah. Kolaborasi mendukung investasi sosial merupakan pekerjaan bersama dan keberpihakan penyelesaian masalah sosial seyogyanya menjadi nilai utama.

Selain itu, kolaborasi tersebut memberikan prospek sangat baik untuk mencapai berbagai sasaran dalam SDGs yang ditetapkan PBB. 

Dengan memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah, menciptakan peluang kewirausahaan, dan memudahkan akses masyarakat terhadap kebutuhan pokok, CWLS berpotensi menjadi alat ampuh memberantas kemiskinan dan mengatasi ketimpangan kesejahteraan.

Peran strategis CWLS

Pertama, CWLS adalah komponen dari inovasi investasi syariah dan sosial yang memungkinkan wakif memberikan dan menginvestasikan uang mereka dalam sarana keuangan yang aman. 

Calon wakif dapat menyarankan proyek atau kegiatan sosial yang akan dilakukan atau didanai imbal hasil dana wakaf sekaligus memanfaatkan instrumen yang aman dan bebas risiko. 

Kedua, CWLS mendorong diversifikasi industri perbankan syariah dengan memaksimalkan kontribusi LKS-PWU (Lembaga Keuangan Syariah-Penerima Wakaf Uang). Ketiga, CWLS dapat memberikan kontribusi besar pada berbagai program sosial, termasuk inisiatif pemerintah, perawatan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

CWLS dapat membantu pemerintah dalam menyediakan peralatan medis yang dibutuhkan, terutama di masa pandemi. Selain membantu biaya rumah sakit, CWLS membantu masyarakat miskin mendapatkan perawatan medis gratis di rumah sakit, menawarkan fasilitas sosial dan umum tambahan. 

Bahkan, nazir dari CWLS pertama mengalokasikan kupon yang diperolehnya ke Rumah Sakit Achmad Wardi untuk membuat fasilitas wakaf khusus pengobatan mata di Provinsi Banten. 

CWLS telah memberikan manfaat bagi pasien yang membutuhkan dengan menawarkan pengobatan operasi katarak gratis dengan total anggaran Rp 19,8 miliar dan menawarkan layanan ambulans. 

Penerima manfaat merupakan masyarakat kurang mampu dengan jumlah pasien rawat jalan 10.333 dan 811 pasien operasi katarak. Selain itu, pusat glaukoma akan dibangun menggunakan kupon yang dihasilkan CWLS. Semua elemen CWLS dapat menawarkan keuntungan atau keuntungan jangka pendek kepada pihak berkepentingan.

Terakhir, CWLS juga menawarkan stimulasi realisasi wakaf uang yang dapat direplikasi baik perusahaan maupun negara lain. Tidak hanya mengakses lembaga keuangan sosial tetapi juga menarik partisipasi individu dengan akses ke instrumen keuangan syariah berisiko rendah.

Skema tersebut dapat direplikasi oleh negara-negara anggota OKI, khususnya pengelola keuangan negara atau penerbit sukuk negara.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement