Rabu 02 Nov 2016 07:00 WIB
Obituari Teddy Thohir (1)

Berguru pada Om William

Muhammad Teddy Thohir.
Foto: Republika/Wihdan
Muhammad Teddy Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Syahruddin El-Fikri *)

 

Jika menyaksikan perusahaan sekaliber Astra International pada saat ini, tentu banyak orang akan berdecak kagum. Astra International telah merajai sejumlah bisnis di Indonesia. Mulai dari property, otomotif, perkebunan, pertambangan, asuransi, perbankan, dan lainya.

Perusahaan yang didirikan William Soerjadjaja itu berkembang pesat, bak meteor. Sejumlah anak perusahaannya pun kini mulai menggurita. Itu semua karena usaha yang dijalankan William Soerjadjaja selalu mengedepankan kejujuran, transparansi, dan penuh dengan kekeluargaan.

Tapi, tahukah siapa penyokong dari besarnya bisnis Astra International itu? William Soerjadjaja memang orangnya. Tapi, dibalik kesuksesan yang dicapai William Soerjadjaja itu, tak lepas dari kontribusi besar yang dilakukan Mochamad  Thohir, atau biasa disapa dengan Teddy Thohir. Ya, pria kelahiran Gunung Sugih, 5 Maret 1935 itu, punya andil besar dalam memulai berkembangnya bisnis Astra.

“Om William (sapaan Teddy Thohir kepada William Soerjadjaja), ketika mengajak saya, saat itu Astra belum punya apa-apa. Ketika saya tanya, Om, kita mau usaha apa, sebab waktu saya ke Astra, ternyata belum ada apa-apa. Kantor pun cuma satu ruangan,” kenang Teddy Thohir saat berbincang dengan //Republika,// menjelang usianya yang ke-80, di kediamannya, Patra Kuningan, Jakarta.

Dari ketiadaan itulah, kata Teddy, dirinya diminta sama Om William untuk terjun langsung ke instansi-instansi pemerintah untuk menawarkan barang dan jasa. “Hampir setiap hari saya jalan ke departemen-departemen, menanyakan kepada mereka, sedang memerlukan apa, kami siap mencari dan membelikan barang yang dibutuhkan,” ujarnya.

Dari kebiasaan bersilaturahim dan usaha yang tak kenal lelah, perlahan-lahan, kepercayaan terhadap Astra International semakin tumbuh, dan usaha mereka pun berkembang hingga seperti saat ini. “Saya beruntung mengenal dan bekerja sama dengan Om William hingga dipercaya membangun Astra sejak awal,” ungkapnya.

Karena itu pula, tanpa ragu, Teddy meminta anak-anaknya (Rika, Boy, dan Erick) untuk meniru dan mengikuti jejak usaha yang dikembangkan William Soerjadjaja. “Om William adalah seorang pengusaha yang ulet, tekun, dan punya visi besar. Beliau adalah salah satu tokoh yang sangat saya hormati dan kagumi dalam berbisnis,” ujarnya.

Kini, pria kebanggaan keluarga Thohir, perintis bisnis keluarga yang terus berkembang seperti TNT Group, Wahanaratha, dan lainnya itu, telah pergi pada Selasa, 1 November 2016. Ia meninggalkan dunia fana ini untuk selama-lamanya.

Selamat Jalan Ayah Teddy, Selamat Jalan Opa, Selamat Jalan. Semoga Allah meridhaimu dan menempatkanmu dalam surga-Nya. Aamiin.

*) Jurnalis Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement