Jumat 15 Dec 2017 20:04 WIB
Inspira

Bertambah Usia, Semakin Bijak

Erik Hadi Saputra
Foto: dokpri
Erik Hadi Saputra

REPUBLIKA.CO.ID, Erik Hadi Saputra* 

Pembaca yang kreatif, menjadi tua itu sudah pasti, namun menjadi dewasa adalah pilihan. Seseorang pasti akan menjadi tua, namun jika berpikir tuanya maka yang muncul adalah sindrom pernah berkuasa, merasa menjadi orang yang selalu ingin dihormati, serta fokusnya hanya pada diri sendiri. Namun menjadi dewasa membuat kita akan memfokuskan diri lebih banyak membantu orang lain. 

Saya beberapa kali memberikan pelatihan 'Motivasi Bekerja' di berbagai tempat. Salah satunya ketika saya melakukan perjalanan hebat menyusuri Kalimantan Timur untuk memberikan pelatihan pada Perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang perkebunan. Saya bersyukur semakin bertambah usia, saya bertemu dengan banyak orang hebat yang memberikan inspirasinya.

Memperkuat hal ini, saya juga mengetahui bahwa seorang trainer hebat bernama Zig Ziglar mengatakan: ”Anda bisa mendapatkan segala yang anda inginkan dalam hidup ini jika anda menolong cukup banyak orang mendapatkan apa yang mereka inginkan”.  

Kita pasti menyadari usia kita akan terus bertambah setiap harinya. Namun seringkali kita mendengar komentar sebahagian orang yang mengatakan, "Tidak terasa ya.. sudah setahun, lima tahun, tujuh belas tahun."

Kata "tidak terasa" menggambarkan betapa ada orang yang terus fokus menjalani segala aktibitasnya sehari-harinya dengan tidak memperdulikan waktu yang berlalu. Yang penting bagi mereka adalah menjalani apa adanya, tak peduli hasil yang didapatkan menggembirakan atau mengecewakan.

Pembaca yang kreatif, apa makna bertambah usia bagi Anda?  apakah Anda senang karena Anda semakin tua karena akan semakin banyak orang yang menghormati Anda? 

Saya memiliki pengalaman saat seorang teman yang memiliki lembaga pelatihan mengusulkan nama saya bersama enam trainer lainnya untuk menjadi pengisi pelatihan 'Motivasi Bekerja' di salah satu perbankan nasional sekitar enam tahun yang lalu. 

Beberapa pekan kemudian teman saya menyampaikan permohonan maafnya karena saya belum bisa dipilih untuk mengisi acara tersebut. Dia senang karena saya berada pada urutan kedua dari daftar nama yang diinginkan. Namun ada syarat yang belum bisa saya penuhi, yaitu "kurang tua".  

Hal ini dikarenakan ada satu syarat yang diajukan oleh perbankan tersebut yaitu ”kalau bisa usianya lebih tua". Maka dari situ saya menyimpulkan bahwa usia tua itu bisa menyenangkan. Kenapa demikian? Karena dengan bertambah usia (tua) kita akan memiliki dua hal yaitu wisdom dan pengalaman. Maka marilah bertambah dewasa seiring bertambahnya usia kita.

Pada satu kesempatan, bisa saja kita akan menjumpai sebagian kecil orang yang bertambah usia tetapi sifat dan tingkah lakunya malah kekanak-kanakan. Terkadang kita akan menjumpai seorang pelajar atau mahasiswa yang relatif muda namun kata-kata yang keluar dari dirinya seolah-olah mencerminkan dia berusia tiga puluh sampai empat puluh tahun. Sangat dewasa melebihi usianya. 

Apa yang menyebabkan demikian? alasannya adalah kata-kata yang mengalir dari dirinya adalah ungkapan kebersihan hati dan jiwa yang membuat bobot dari setiap kata yang terucap sehingga memberikan kebaikan dan manfaat buat orang lain.

Nah, pembaca yang kreatif, selamat bertambah usia. Anda dan saya tentunya selalu berharap diri kita menjadi pribadi yang bijak dan dewasa setiap saat. Sehat dan sukses selalu. 

*Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi dan Direktur Kehumasan & Urusan  Internasional, Universitas AMIKOM Yogyakarta

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement